RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester :
X/Satu
Pertemuan ke : 1 - 3
Alokasi Waktu : 12 x 45
menit
I. Kompetensi Inti
|
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang lainya
2. Mengembangkan perilaku (jujur,
disiplin,tanggung jawab,peduli,santun,ramah lingkungan,gotong
royong,kerjasama,cinta damai,responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permaslahan bangsa dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami, menerapkan,menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan ingintahunya tentan
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah
4. Mengolah, menalar, menyaji dan mencipta
daam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya disekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan,
|
II.
Kompetensi Dasar
|
2.1
Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama,
konsisten, sikap disiplin, rasa percaya diri, dan sikap toleransi dalam
perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi
menyelesaikan masalah.
2.2
Mampu mentransformasi diri dalam berprilaku jujur,
tangguh menghadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar
matematika
2.3
Menunjukkan
sikap bertanggung jawab, rasa ingin tahu, jujur dan perilaku peduli
lingkungan
3.1
Memilih
dan menerapkan
aturan eksponen
dan logaritma sesuai
dengankarakteristik permasalahanyang akandiselesaikan dan
memeriksakebenaran
langkah-langkahnya.
4.1
Menyajikan masalah
nyata menggunakan
operasi aljabar berupaeksponen dan
logaritma sertamenyelesaikannyamenggunakan sifat- sifat
dan aturanyangtelah terbukti
kebenarannya
|
III.
Indikator
|
1.
diri, dan sikap toleransi dalam perbedaan
strategi berpikir dalam memilih dan
menerapkan strategi menyelesaikan masalah dalam pelajaran matematika.
2. Mampu
mentransformasi diri dalam berprilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar eksponen dan logaritma.
3. Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin tahu, jujurdan perilakupeduli lingkungan dalam belajar eksponen dan logaritma.
4. Menemukan konsep
eksponen
5. Menemukan
pangkat bulat negative
6. Menemukan
pangkat nol
7. Menemukan
sifat-sifat pangkat bulat positif
8. Menemukan
pangkat pecahan
9. Menemukan
bentuk Akar
10. Menemukan
hubungan bentuk akar dan bilangan berpangkat
11. Menemukan
operasi pada bentuk akar untuk menentukan: operasi penjumlahan dan
pengurangan bentuk akar, operasi perkalian dan pembagian bentuk akar,
merasionalkan penyebut bentuk akar.
12. Menemukan
konsep logaritma.
13. Menemukan
sifat-sifat logaritmaTerampil menggunakan
konsep eksponen
14. Terampil menggunakan pangkat
bulat negative
15. Terampil menggunakan pangkat nol
16. Terampil menggunakan sifat-sifat
pangkat bulat positif
17. Terampil menggunakan pangkat
pecahan
18. Terampil menggunakan bentuk Akar
19. Terampil menggunakan hubungan
bentuk akar dan bilangan berpangkat
20. Terampil
menggunakan operasi pada bentuk akar untuk menentukan: operasi penjumlahan
dan pengurangan bentuk akar, operasi perkalian dan pembagian bentuk akar,
merasionalkan penyebut bentuk akar.
21. Terampil
menggunakan konsep logaritma.
22. Terampil
menggunakan sifat-sifat logaritma
|
IV.
Materi /Bahan Ajar
|
1.
Eksponen
2.
Bentuk akar
3.
Logaritma
|
UNTUK LEBIH LENGKAP DOWNLOAD DISINI