RPP MATEMATIKA KURIKULUM 2013 SMK BAB 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan                :
Mata Pelajaran                      :  Matematika
Kelas/Semester                      :  X/Satu
Pertemuan ke                                    :  1 - 3
Alokasi Waktu                       :  12  x   45 menit

I.    Kompetensi Inti 

1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang lainya
2.      Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin,tanggung jawab,peduli,santun,ramah lingkungan,gotong royong,kerjasama,cinta damai,responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permaslahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.      Memahami, menerapkan,menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan ingintahunya tentan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah
4.      Mengolah, menalar, menyaji dan mencipta daam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan,
II.   Kompetensi Dasar

2.1    Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa percaya diri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah.
2.2    Mampu mentransformasi diri dalam berprilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika
2.3    Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin tahu, jujur dan perilaku peduli lingkungan
3.1    Memilih dan menerapkan aturan eksponen dan logaritma sesuai dengankarakteristik permasalahanyang akandiselesaikan dan memeriksakebenaran langkah-langkahnya.
4.1    Menyajikan masalah nyata menggunakan operasi aljabar berupaeksponen dan logaritma sertamenyelesaikannyamenggunakan sifat- sifat dan aturanyangtelah terbukti kebenarannya
III.  Indikator

1.      diri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir  dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah dalam pelajaran matematika.
2.      Mampu mentransformasi diri dalam berprilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar eksponen dan logaritma.
3.      Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin tahu, jujurdan perilakupeduli lingkungan dalam belajar eksponen dan logaritma.
4.      Menemukan konsep  eksponen
5.      Menemukan pangkat bulat negative
6.      Menemukan pangkat nol
7.      Menemukan sifat-sifat pangkat bulat positif
8.      Menemukan pangkat pecahan
9.      Menemukan bentuk Akar
10.  Menemukan hubungan bentuk akar dan bilangan berpangkat
11.  Menemukan operasi pada bentuk akar untuk menentukan: operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk akar, operasi perkalian dan pembagian bentuk akar, merasionalkan penyebut bentuk akar.
12.  Menemukan konsep logaritma.
13.  Menemukan sifat-sifat logaritmaTerampil menggunakan konsep eksponen
14.  Terampil menggunakan pangkat bulat negative
15.  Terampil menggunakan pangkat nol
16.  Terampil menggunakan sifat-sifat pangkat bulat positif
17.  Terampil menggunakan pangkat pecahan
18.  Terampil menggunakan bentuk Akar
19.  Terampil menggunakan hubungan bentuk akar dan bilangan berpangkat
20.  Terampil menggunakan operasi pada bentuk akar untuk menentukan: operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk akar, operasi perkalian dan pembagian bentuk akar, merasionalkan penyebut bentuk akar.
21.  Terampil menggunakan konsep logaritma.
22.  Terampil menggunakan sifat-sifat logaritma

IV.   Materi /Bahan Ajar
1.         Eksponen
2.         Bentuk akar
3.         Logaritma

UNTUK LEBIH LENGKAP DOWNLOAD DISINI