JENJANG PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH ATAS
Satuan
Pendidikan : Sekolah Menengah atas
Unit : Eksponen dan Logaritma
Kelas/Semester : X/I
Alokasi Waktu : 14×45 menit (7 ×
pertemuan)
KOMPETENSI INTI:
KI-1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI-2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
KI-3
: Memahami , menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI-4
: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Mata Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Matematika
|
2.1
Menghayati pola
hidup disiplin, kritis, bertanggungjawab, konsisten dan jujur serta
menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari
|
1
Membiasakan diri mengerjakan latihan soal dengan
disiplin, dan bertanggung jawab terhadap pekerjaannya
2
Mengerjakan ulangan, kuis, dan soal dengan jujur
3
Menyadari akan hak dan kewajiban siswa di sekolah
4
Percaya diri dalam mengemukakan pendapat
5
Saling memberikan motivasi antarsiswa
|
2.2 Menghayati kesadaran hak dan kewajiban serta toleransi
terhadap berbagai perbedaan di dalam masyarakat majemuk sebagai gambaran
menerapkan nilai-nilai matematis
|
||
2.3
Menghayati rasa
percaya diri, motivasi internal dan sikap peduli lingkungan melalui kegiatan
kemanusiaan dan bisnis dan dalam kehidupan sehari-hari
|
||
3.2 Memilih dan menerapkan
aturan eksponen dan logaritma sesuai dengan karakteristik permasalahan yang
akan diselesaikan dan memeriksa
kebenaran langkah-langkahnya.
|
1.
Memahami bentuk dan sifat perpangkatan suatu
bilangan.
2.
Memahami pengertian, sifat operasi, dan
penyederhanaan suatu bilangan bentuk akar.
3.
Memahami sifat dan operasi perpangkatan bentuk
aljabar.
4.
Memahami konsep logaritma invers dari
perpangkatan.
5.
Memahami dan menggunakan logaritma dalam
penyelesaian masalah.
|
|
4.2 Menyajikan masalah nyata menggunakan operasi aljabar berupa eksponen
dan logaritma serta menyelesaikannya menggunakan sifat-sifat dan aturan yang
telah terbukti kebenarannya.
|
PERTEMUAN I (HARI KE-1):
A. Tujuan
1. Menjelaskan
bilangan dengan pangkat bilangan bulat positif;
2. Menginterpretasikan
bilangan dengan pangkat nol;
3. Menentukan
bilangan dengan pangkat bilangan bulat negatif.
B. Materi
Pembelajaran
Bilangan
berpangkat bilangan bulat
C. Metode
Pembelajaran
Pendekatan
umum : Cooperative
learning
Metode : Discovery, diskusi, tanya jawab, dan
pemberian tugas
D. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
Sumber:Buku
Advanced Learning Mathematics 1A
Penerbit Grafindo Media Pratama
Media dan Alat:LCD dan infocus/powerpointAdvanced Learning Mathematics 1A
E. Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.
Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi,kemudian mendiskusikan
bilangan yang termasuk bilangan bulat sehingga menuju ke materi bilangan
berpangkat bilangan bulat.
b.
Apersepsi:
Tanya jawab untuk menjelaskan bilangan dengan pangkat bilangan bulat positif,
nol, dan negatif.
2. Inti
a.
Membimbing
siswa secara berkelompok untuk
Menanya
1) Mampu
mengajukan pertanyaan mengenai bilangan berpangkat bilangan bulat.
2) Melakukan
tanya jawab untuk menentukan bilangan dengan pangkat nol.
Pengumpulan data
Mengumpulkan
data/informasi tambahan mengenai bilangan berpangkat bilangan bulat dari
berbagai sumber lain (buku paket, sumber buku lain)
Mengasosiasi
1) Menyimpulkan
tentang bilangan berpangkat bulat positif dan bilangan berpangkat nol.
2) Membuat kesimpulan dengan mendiskusikan
hasil kegiatan pada Activity 1.1
Mengkomunikasikan
1) Melakukan
diskusi kelas mengenai materi bilangan dengan pangkat bilangan negatif
2) Menjelaskan
materi pangkat bilangan bulat negatif.
b. Menanggapi hasil diskusi pada Activity
1.1 mengenai pangkat bulat bilangan negatif.
c. Memberikan beberapa soal untuk
dikerjakan siswa di kelas.
1)
Hitunglah hasil perpangkatan .
2)
Tentukan kebenaran pernyataan
berikut:
a.
Setiap bilangan negatif jika
dipangkatkan bilangan ganjil hasilnya selalu negatif.
b.
Setiap bilangan genap jika
dipangkatkan bilangan asli hasilnya selalu bilangan genap.
c.
Setiap bilangan negatif jika
dipangkatkan bilangan genap hasilnya selalu positif.
3)
Sederhanakan bentuk berikut dalam
bentuk pangkat bulat positif.
d. Menanggapi hasil pekerjaan siswa dan memberikan
informasi yang sebenarnya serta melakukan penilaian.
3. Penutup
a.
Mendorong
siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang
dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b. Memberikan tanya jawab yang diarahkan pada
tahap penyimpulan dan penekanan materi bilangan berpangkat bilangan bulat.
UNTUK LEBIH LENGKAP DOWNLOAD DISINI