RPP MATEMATIKA KURTILAS SMA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
JENJANG PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH ATAS

Satuan Pendidikan   : Sekolah Menengah atas
Unit                          :  Eksponen dan Logaritma
Kelas/Semester        : X/I
Alokasi Waktu         :  14×45 menit (7 × pertemuan)

KOMPETENSI INTI:
KI-1       : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI-2       :    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI-3       : Memahami , menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI-4       :    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
Matematika
2.1      Menghayati pola hidup disiplin, kritis, bertanggungjawab, konsisten dan jujur serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari
1         Membiasakan diri mengerjakan latihan soal dengan disiplin, dan bertanggung jawab terhadap pekerjaannya
2         Mengerjakan ulangan, kuis, dan soal dengan jujur
3         Menyadari akan hak dan kewajiban siswa di sekolah
4         Percaya diri dalam mengemukakan pendapat
5         Saling memberikan motivasi antarsiswa
2.2    Menghayati kesadaran hak dan kewajiban serta toleransi terhadap berbagai perbedaan di dalam masyarakat majemuk sebagai gambaran menerapkan nilai-nilai matematis
2.3      Menghayati rasa percaya diri, motivasi internal dan sikap peduli lingkungan melalui kegiatan kemanusiaan dan bisnis dan dalam kehidupan sehari-hari
3.2    Memilih dan menerapkan aturan eksponen dan logaritma sesuai dengan karakteristik permasalahan yang akan diselesaikan dan memeriksa  kebenaran langkah-langkahnya.
1.       Memahami bentuk dan sifat perpangkatan suatu bilangan.
2.       Memahami pengertian, sifat operasi, dan penyederhanaan suatu bilangan bentuk akar.
3.       Memahami sifat dan operasi perpangkatan bentuk aljabar.
4.       Memahami konsep logaritma invers dari perpangkatan.
5.       Memahami dan menggunakan logaritma dalam penyelesaian masalah.
4.2    Menyajikan masalah nyata menggunakan operasi aljabar berupa eksponen dan logaritma serta menyelesaikannya menggunakan sifat-sifat dan aturan yang telah terbukti kebenarannya.

PERTEMUAN I (HARI KE-1):
A.     Tujuan
1.   Menjelaskan bilangan dengan pangkat bilangan bulat positif;
2.   Menginterpretasikan bilangan dengan pangkat nol;
3.   Menentukan bilangan dengan pangkat bilangan bulat negatif.

B.     Materi Pembelajaran
Bilangan berpangkat bilangan bulat

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       : Cooperative learning
Metode                                    : Discovery, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas

D.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
Sumber:Buku Advanced Learning Mathematics 1A Penerbit Grafindo Media Pratama
Media dan Alat:LCD dan infocus/powerpointAdvanced Learning Mathematics 1A

E.     Kegiatan Pembelajaran
1.        Pendahuluan
a.    Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi,kemudian mendiskusikan bilangan yang termasuk bilangan bulat sehingga menuju ke materi bilangan berpangkat bilangan bulat.
b.    Apersepsi: Tanya jawab untuk menjelaskan bilangan dengan pangkat bilangan bulat positif, nol, dan negatif.

2.      Inti
a.     Membimbing siswa secara berkelompok untuk
Menanya
1)   Mampu mengajukan pertanyaan mengenai bilangan berpangkat bilangan bulat.
2)   Melakukan tanya jawab untuk menentukan bilangan dengan pangkat nol.
Pengumpulan data
Mengumpulkan data/informasi tambahan mengenai bilangan berpangkat bilangan bulat dari berbagai sumber lain (buku paket, sumber buku lain)
Mengasosiasi
1)      Menyimpulkan tentang bilangan berpangkat bulat positif dan bilangan berpangkat nol.
2)      Membuat kesimpulan dengan mendiskusikan hasil kegiatan pada Activity 1.1
Mengkomunikasikan
1)   Melakukan diskusi kelas mengenai materi bilangan dengan pangkat bilangan negatif
2)   Menjelaskan materi pangkat bilangan bulat negatif.
b.      Menanggapi hasil diskusi pada Activity 1.1 mengenai pangkat bulat bilangan negatif.
c.       Memberikan beberapa soal untuk dikerjakan siswa di kelas.
1)   Hitunglah hasil perpangkatan .
2)   Tentukan kebenaran pernyataan berikut:
a.    Setiap bilangan negatif jika dipangkatkan bilangan ganjil hasilnya selalu negatif.
b.   Setiap bilangan genap jika dipangkatkan bilangan asli hasilnya selalu bilangan genap.
c.    Setiap bilangan negatif jika dipangkatkan bilangan genap hasilnya selalu positif.
3)   Sederhanakan bentuk berikut dalam bentuk pangkat bulat positif.

d.      Menanggapi hasil pekerjaan siswa dan memberikan informasi yang sebenarnya serta melakukan penilaian.

3.      Penutup
a.       Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.

b.      Memberikan tanya jawab yang diarahkan pada tahap penyimpulan dan penekanan materi bilangan berpangkat bilangan bulat.
UNTUK LEBIH LENGKAP DOWNLOAD DISINI